Masya Allah!! Inilah Keutamaan Makan 3 Jari yang Diajarkan Oleh Rasulullah


Hari gini masih makan menggunakan jari? Hal ini akan dinaggap cara katrok, deso, aneh dan primitif. Tetapi sebagian orang bilang bahwa makan dengan jari rasanya lebih sedap dibandingkan dengan alat seperti sendok atau garpu.  Makan dengan jari memang dirasa jijik karena jari digunakan untuk banyak kegiatan. Sehingga, akan banyak kuman yang mungkin saja menempel pada jari-jari tangan. Nah, kalau digunakan untuk makan tentunya kuman atau bakteri tersebut dapat masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan beberapa penyakit.
Padahal makan dengan 3 jari adalah cara yang diajarkan Rasulullah kepada umatnya. Setiap apa yang diajarkan oleh Rasul pasti mempunyai dasar yang bermanfaat bagi umatnya, bukan menjerumuskan kepada keburukan! Makan 3 Jari Rasulullah ini di rangkum dalam sebuah hadist, dari Ka’ab bin Malik radhiallahu anhu, berkata bahwa : “Rasulullah SAW makan dengan 3 jari, dan beliau menjilatinya sebelum mencucu tangannya.” Hadist riwayat Muslim no.202.
Memang setelah ditelaah lebih dalam di beberapa penelitian diketahui beberapa manfaat makan dengan menggunakan jari tangan, yakni :
Bisa mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2
Seperti yang sudah kita pahami bahwa orang yang makan dengan cepat, beresiko lebih tinggi terhadap penyakit diabetes tipe 2. Ketika kamu makan dengan sendok, garpu atau pisau maka makanmu akan lebih cepat dibandingkan yang hanya menggunakan jari tangan.
Meningkatkan kerja sistem pencernaan
Makan menggunakan jari-jari tangan mampu meningkatkan kerja sistem organ pencernaan, sebab saat kamu mencuci tangan dengan sabun, akan menghilangkan bakteri jahat, sedangkan bakteri baik tetap berada di tangan. Tentunya dapat berdampak positif bagi organ usus.
Mencegah makan yang berlebihan
Menurut penelitian, orang-orang yang makan menggunakan tangan, mempunyai berat badan yang seimbang, karena mereka tak makan dengan porsi banyak. Cara makan ini dianggapsebagai langkah efektif untuk mempertahankan berat badan normal atau seimbang. Dengan berat badan seimbang, resiko terhadap beberapa penyakit akan berkurang serta tidak membuat kita malas dalam beraktivitas.
Selain dari 3 manfaat yang dibahas tadi, pada sebuah penelitian yang dilakukan Dr. Charles Gerba dari University of Arizona diketahui bahwa kitak tak mungkin menghalangi bakteri dan kuman untuk masuk ke lingkungan kita. Namun, kita dapat mencegah kuman dengan mencuci tangan setiap sebelum dan seusai beraktivitas.
Makan menggunakan jari-jari tangan terbukti lebih menyehatkan. Sebab, di dalam tangan ada enzim RNAse yang mampu mengikat bakteri, sehingga menghambat bakteri tersebut masuk bersama makanan ke dalam saluran pencernaan tubuh. Enzim itu selalu ada di dalam jari-jari serta telapak tangan manusia. Sehingga dengan melakukan pencucian tangan dalam upaya menghigieniskan tangan sebelum penyuapan, maka makanan yang masuk ke organ pencernaan juga mengikutkan enzim RNAse. Berarti akan menghambat perkembangan bakteri jahat yang ada di dalam tubuh atau makanan.
Nah, itulah keajaiban dari makan 3 jari yang dilakukan oleh Rasulullah. Bukankah memang lebih baik mengikuti teladan kita daripada mencari cara sendiri yang belum tentu baik bagi kita.
sumber : http://www.banyakbaca.com/masya-allah-inilah-keutamaan-makan-3-jari-diajarkan-rasulullah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel