MASYAALLAH..!! ISTRI YANG MEMILIKI AKHLAK SEPERTI INI..!! LAYAK DIBERI GELAR SEBAGAI ISTRI IDAMAN..?? BANTU SHARE YA


Seorang isteri idaman harus mengerti arti utamanya aqidah islamiyah yang shahihah, karena sah tidaknya suatu amal bergantung pada benar dan tidaknya aqidah seorang. Isteri idaman yaitu sosok yang selalu semangat dalam menuntut pengetahuan agama hingga dia bisa tahu bebrapa pengetahuan syar’i baik yang terkait dengan aqidah, akhlak ataupun dalam soal muamalah seperti semangatnya beberapa shahabiyah dalam menuntut pengetahuan agama Islam, mereka bertanya pada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam untuk menyingkirkan kebodohan mereka dan beribadah kepada Allah diatas cahaya ilmu.

Seperti kisah dibawah ini : 
Dari Abu Said Al Khudri dia berkata : Pernah satu kali beberapa wanita berkata pada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Kaum laki-laki sudah menaklukkan kami, jadi jadikanlah sehari buat kami, Nabi juga menjanjikan sehari bisa bertemu dengan mereka, lalu Nabi memberi saran dan perintah pada mereka. Salah satu perkataan beliau pada mereka yaitu : “Tidaklah seorang wanita diantara kalian yang ditinggal mati tiga anaknya, kecuali mereka sebagai penghalang baginya dari api nereka. Seorang wanita bertanya : “Bagaimana bila hanya dua? ” Beliau menjawab : “Juga dua. ” (HR. Al-Bukhari No 1010)

Seorang isteri yang aqidahnya benar akan tercermin dalam tingkah lakunya misalnya : 

Dia cuma bersahabat dengan wanita yang baik.
Selalu bersungguh-sungguh dalam beribadah kepada Rabbnya.
Bisa jadi contoh untuk wanita yang lain.
Akhlak Isteri Idaman.

Berusaha berpegang teguh pada akhlak-akhlak Islami yaitu : Ceria, pemalu, sabar, lembut tutur katanya
dan selalu jujur.
Tidak banyak bicara, tidak suka merusak wanita lain, tidak suka ghibah (menggunjing) serta namimah (adu domba).

Tidak menceritakan rahasia rumah tangga, salah satunya yaitu hubungan suami isteri maupun pertikaian dalam rumah tangga. Seperti sabda Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Sesungguhnya diantara orang yang terburuk kedudukan-nya disisi Allah pada hari kiamat yaitu laki-laki yang mencumbui isterinya dan isteri mencumbui suaminya lalu ia sebar luaskan rahasianya. ” (HR. Muslim 4/157)

Isteri idaman dirumah suaminya Membantu suaminya dalam kebaikan. Adalah kebaikan untuk seorang isteri apabila dapat mendorong suaminya untuk berbuat baik, misalnya mendorong suaminya supaya selalu ihsan dan berbakti pada ke-2 orang tuanya, seperti firman Allah Ta’ala, yang berarti : “Kami perintahkan terhadap manusia agar berbuat baik pada dua orang ibu bapaknya, ibunya sudah mengandungnya dengan sulit payah dan melahirkannya dengan sulit payah. ” (Al Ahqaf 15)
Membantunya dalam menjalin hubungan baik dengan saudara-saudaranya.
Membantunya dalam ketaatan.
Berdedikasi (semangat hidup) yang tinggi.
Ekonomis dan pintar mengatur rumah tangga.
Bagus di dalam mendidik anak.

Penampilan : 

Didalam rumah, seorang isteri yang shalehah harus senantiasa memerhatikan penampilannya dirumah suaminya lebih-lebih bila suaminya ada di sisinya jadi Islam begitu menyarankan untuk berhias dengan hal-hal yang mubah hingga menyenangkan hati suaminya.
Bila keluar rumah, seseorang isteri yang sholehah harus memperhati-kan hal-hal tersebut : Harus minta izin suami, Harus menutup aurat dan tidak memperlihatkan perhiasannya, Tidak menggunakan parfum, Sedikit keluar kecuali untuk tujuan syar’i atau kepentingan yang begitu mendesak.

Sumber : akhwatmuslimah. com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel